Senin, 25 April 2011

Fokus Bisnis Online

Kadang saya suka ga habis pikir, kalau tau ada orang yang rajin beli ebook tanpa tau dia lagi mau fokus ngerjain apa. Beli ebook clickbank, beli ebook affiliate, beli ebook seo, beli ebook adsense, tapi bikin website aja belum bisa (?)… hehe..
Ok, dari kalimat di atas jadi cukup jelas ya, awalnya, belajar buat website dulu. Kalau udah, terus gimana milihnya mau fokus kemana? adsenseaffiliate Lokal? Clickbank?

Pusing yaa.. banyak pilihannya hehe..


Di sini saya bukan mau ngasih tau, anda musti fokus dimana dulu, saya cuma mau cerita bagaimana saya memilih sesuatu untuk saya ‘fokuskan’…

Mungkin sama seperti anda, awalnya saya tertarik suatu jenis ‘pekerjaan’ atau ‘bisnis’ karena membaca testimoni atau pengalaman orang lain. Kalau memang pada saat itu saya sedang ‘kosong’ saya langsung coba…

Saya akan terus mengerjakan ‘pekerjaan’ tersebut sampai saya mencapai titik dimana saya lalu bisa memutuskan, stop? atau terus?
Contohnya aja, ketika Clickbank baru masuk di Indonesia, saya pun langsung nyoba… tapi akhirnya saya pilih untuk stop. Khusus yang satu ini, alasannyakarena sudah keluar banyak modal, tapi merasa ilmu saya belum cukup untuk saya berani melanjutkan.
Kalau keputusan untuk ‘terus’ rasanya udah cukup jelasnya… udah keliatan hasilnya walau masih sedikit..
Di tahun 2006, ketika Nadia ngajakin membangun bisnis d’BC Network, saya lagi asik-asiknya main Parked.com yang saat itu lagi jaya-jaya nya ;)
Walaupun saya tipe orang yang suka multitasking, tapi saya tau saya musti fokus pada satu hal sampai saya berhasil. Tapi saya tau ini peluang yang bagus, jadi sayang untuk dilewatkan.
Jadi yang saya lakukan saat itu, disela-sela mengerjakan Parked, saya sempatkan memikirkan dan membangun d’BC Network. Setelah d’BC Network sudah bisa ‘jalan sendiri’, saya kembali fokus ke Parked.
Akhirnya bisnis Parked ’selesai’, tapi saat itu saya tidak langsung kembali fokus di d’BC Network. Karena saya merasa masih butuh waktu untuk test the waterceritanya…
Jadi terus saya merealisasikan impian saya bikin ebook dan membangun list untuk affiliate.
Sambil saya nyelesaiin ebook, bukannya saya nyuekin d’BC Network, tapi tetep saya intip2 dan monitor… saya cuma tidak fokus ‘memasarkannya’…
Ga semua orang bisa sukses ber-multitasking, jadi coba lah untuk mengenali kemampuan anda.
Kira-kira setahun lalu, baru saya memutuskan untuk mulai serius dan fokus memasarkan d’BC Network. Kali ini alasannya karena saya melihat sendiri bagaimana bisnis ini berhasil membantu banyak teman-teman meningkatkan income tambahannya…
Abis ini, giliran saya fokus membesarkan d’BC Online sebagai tempat penjualan ebook untuk belajar internet marketing.
Mimpi saya masih banyak yang belum tercapai.. tapi saya musti sabar dan tidak melupakan fokus saya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar